6 Fakta Gunung Carstensz

1. Gunung Cartenz menjadi puncak tertinggi di Indonesia
Saking tingginya, Gunung Cartenz menjadi yang tertinggi di wilayah Oceania dan Benua Australia. Dalam https://www.kursusbahasaarabonline.com/ wilayah Asia, Gunung Cartenz berada di posisi nomor dua setelah Gunung Hkakabo Razi, Myanmar, yakni setinggi 5.881 mdpl.

2. Heinrich Harrer adalah orang pertama yang berhasil menaklukkan Gunung Carstensz
Sebelum orang Indonesia mulai mengekspedisi Gunung Cartenz, Heinrich Harrer menjadi yang pertama kali mencapai puncak tertinggi di Indonesia ini. Tak sendiri, dia bersama Robert Philip Temple, Russell Kippax, dan Albertus Huizenga pada 1962.

3. Terkenal sebagai salah satu lokasi pendakian termahal di dunia
Bukan tanpa alasan banyak pendaki yang mengurungkan niatnya ke sini, karena biayanya mencapai US$ 1.800 atau hampir Rp 25 jutaan per orang. Menurut Ripto Mulyono dari National Geographic, banyak faktor yang menyebabkan ongkosnya begitu mahal. Seperti aksesnya yang masih susah dan biaya porter yang belum pasti.

4. Harus siap menghadapi cuaca ekstrem di puncak Cartenzs
Dengan ketinggian 4.884 mdpl, butuh persiapan yang lebih matang untuk mencapai puncaknya. Kamu pasti bisa membayangkan bagaimana susahnya menaklukkan Gunung Kerinci, Rinjani, dan Semeru. Gunung https://annur-arsitek.com/ Cartenzs yang dikenal memiliki salju abadi, bakal membuat kamu merasakan tertantang luar biasa seperti hujan salju atau es.

5. Termasuk dalam wilayah situs warisan dunia UNESCO
Gunung Cartenzs termasuk ke dalam area Taman Nasional Lorentz, yang diterima sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak 1999. Taman nasional ini memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan ditunjang beragam budaya yang mengagumkan. Diperkirakan kebudayaan tersebut berumur 30 ribu tahun dan merupakan tempat kediaman Suku Nduga, Dani Barat, Suku Amungme, Suku Sempan, dan Suku Asmat.

6. Masih sering diperdebatkan statusnya dalam Gunung Seven Summit
Hal ini dikarenakan pencetus awal «Seven Summit» yakni Dick Bass, memasukkan gunung Kosciuzsko sebagai gunung tertinggi ke tujuh. Sedangkan, menurut pendapat lain, yang menjadi gunung tertinggi ketujuh adalah puncak Cartenzs. Karena letaknya yang berada di kepulauan Indonesia, yang secara politik termasuk ke dalam wilayah Benua Asia, sebagian pendaki lebih senang memilih Mt.Kosciusko setinggi 2.228 mdpl sebagai titik tertinggi di benua Australia, menjadi salah satu keajaiban dunia.